Pages

Egois


Orang yang selalu mementingkan diri sendiri itu bisa dikatakan orang yang egois. Egois berasal dari kata ego, ego itu adalah aku dalam bahasa Yunani, jadi orang yang disebut egois orang yang memang mementingkan dirinya.

Penyebab timbulnya sikap egois, yaitu:
1. Sikap egois merupakan kelanjutan dari apa yang telah diterimanya selama ini.
2. Kurang perhatian.
3. Sikap egois timbul dari kelaparan, kelaparan emosional, kelaparan finansial, kelaparan jasmani.



Dampak dari sikap egois itu bisa menimbulkan lingkungan akan sulit menerima orang yang egois karena tidak ada usaha untuk menyesuaikan diri. Daripada terjadi konflik, maka terpaksa hidup dalam kesendirian.

Orang yang egois akan merasa diri selalu benar dan hebat, suka membantah bila dinasehati, tidak suka mendengarkan sesuatu yang baik yang disampaikan, hidup yang amat sangat terlalu bebas tanpa aturan dan larangan, memuaskan diri sendiri, suka merugikan orang lain, tidak perduli dengan orang-orang dan lingkungan disekelilingnya.

Namun ada juga dampak positifnya seperti ia ingin melindungi orang yang ia sayangi sekali dalam hidupnya, suka mengatur untuk kebaikan, tidak suka melihat hal-hal yang tidak baik, selalu berusaha walaupun sering mengalami kegagalan, bertekad untuk berhasil walaupun halang rintangan berbahaya sekalipun yang menghadang, membantah untuk sesuatu yang tidak baik dan berdampak buruk, dan semua hal positif yang lainnya.

Tidak ada hal yang sempurna di dunia ini melainkan hanya Allah Swt yang memiliki seisi alam ini. Semua kehidupan ada 2 sisi, yakni sisi positif dan negatif. Semua itu nyata adanya agar semua di dunia  dapa

0 komentar: