Pages

Lebih mengenal dengan Evan Syndrome

       Evans syndrome adalah penyakit autoimun dimana antibodi seseorang menyerang sel-sel mereka sendiri yakni menyerang sel darah merah dan trombosit. Kedua peristiwa dapat terjadi bersamaan atau bisa juga satu per satu timbul pada diri sang penderita. Sindrom ini pertama kali dijelaskan pada tahun 1951 oleh RS Evans dan kawan-kawan.
       Secara keseluruhan patologinya, menyerupai kombinasi dari anemia hemolitik autoimun dan idiopatik thrombocytopenic purpura. Apa itu anemia hemolitik autoimun? Dan apa pula itu Idiopathic thrombocytopenic purpura? Mari kita simak ;)
       Anemia hemolitik autoimun adalah suatu kondisi di mana sel-sel darah merah yang biasanya membawa oksigen dan karbon dioksida dihancurkan oleh proses autoimun.. Idiopathic thrombocytopenic purpura adalah suatu kondisi di mana trombosit dihancurkan oleh proses autoimun. Sedang trombosit itu sendiri adalah komponen darah yang berkontribusi terhadap pembentukan bekuan darah dalam tubuh untuk mencegah perdarahan.
       Gejala dan tanda-tanda yang dapat muncul pada seseorang yang mengalami Evan Sindrom yaitu denyut jantung tak beraturan, wajah juga kulit pucat, sesak napas, kelelahan (jadi mudah lelah, karena sel darah merah yang seharusnya membawa oksigen untuk tubuh malah diserang), gusi berdarah berlebihan, pendarahan berlebihan (karena trombosit turun, yang seharusnya berperan dalam pembekuan darah ketika terjadi luka pada tubuh), memar/lebam-lebam, terkadang jadi sering pingsan karena sistem imun nya terserang.
       Meskipun Evans sindrom tampaknya mengganggu sistem regulasi kekebalan, patofisiologi yang tepat dalam kasus ini tidak diketahui. Keadaan penurunan jumlah sel darah pada Evans Syndrome dikaitkan dengan kelainan pada sel T karena didapatkan penurunan sel T helper dan peningkatan sel T supresor. Evan sindrom bukan penyakit menurun, tidak akan menular, dan dapat ditemukan baik pada wanita ataupun pria.
        Pemberian steroid mampu menekan sistem imun karena memang penyakit ini didasari oleh autoimun. Sehingga dengan pemberian steroid yang bekerja sebagai imunosupresan diharapkan terjadi penekanan pada pembentukan autoantibodi.
       Sindrom Evan ini sangat langka, serius, dan sangat membahayakan bagi penderita. Penderita dapat bertahan hanya dalam jangka 1 bulan dari vonis penyakit ini (angka kematian mencapai 7 %), terkecuali adanya mukzijat dari Yang Maha Kuasa.

Source by:
www.medicalera.com
www.medisato.com
www.wikipedia.com

12 komentar:

Anonim mengatakan...

Kata sapa penderita evans syndrome hidup hny 1 bulan stlh divonis sbg penderita?!!! Jodoh, maut dan rezeki smua ditangan Allah. Adakah penderita evans syndrome di akun ini selain saya???

Unknown mengatakan...

saya yuni wulandari saya baru di vonis sekitar 2 bulan belakangan ini ? jika ada yg menderita penyakit ini lebih lama dari saya mohon saran dan bantuannya.. ywulandari45@gmail.com

Unknown mengatakan...

Anak saya 1 minggu dirawat di rumah sakit dokter bilang kena anemia hemolitik autoimun sdh tranfusi darah 5 kantong hasil hb naik menjadi 11,7,,tp sekarang trombosit turun,katanya mengidap evan syindrome,tp gak ada tanda2 seperti diatas serti sesak nafas,atau pun kelelahan,,,mohon penjelasan nya yg akurat,,makasi

Unknown mengatakan...

Bisa hubungi saya di 089601451988

Unknown mengatakan...

Bisa hubungi saya di 089601451988

HanHanFar mengatakan...

Bagaimana kalau trombosit mencapai angka (0) nol
walaupun begitu saya masih bersyukur bisa diberi umur untuk menjalani hidup.
meskipun pernah terjangkit dan dirawat 10 hari sampai turun bb hingga 22 kg

Unknown mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Unknown mengatakan...

Saya juga penderita evan syindrum sudah 1thn saya d.vonis penyakit ini gejala yg saya rasakan sm yg ky penjelasan d.atas gusi perdarah dn melas dn klo sy yg menstruasi itu bnyk skli smpe 2minggu pertama kli sy d.rwt smpe 1bln dn menghabiskan puluhan kantong klo d.hitung2 smpe skrng udh sarutan kantong yg sy trandusiin tpi sy termaksud pasien yg kuat dn jrng d.rwt paling lama sy d.rwt 3bln sekali kdng 4bln skli krna sy sllu berdoa kpda allah swt supaya sy d.ksih kekuatan untuk ngelawan pnykit ini dn sy juga mengkonsumsi obat2an herbal jadi kata siapa pnderita evan cuma bisa bertahan 1bln krna maut kita tdk ad yg tau klo mau tau saran dari saya cari ad d.facebook saya nmanya shinty mulyani yani

Unknown mengatakan...

Iyah evans syndrome memang langka paman saya meninggal hari ini terkena penyakit itu dia baru sj mengalami penyakit itu sekitar 1 mingguan

chaaasl mengatakan...

Apakah ada obat ampuh yang bisa menyembuhkan penyakit itu? Atau paling tidak bisa meminimalisir dampaknya?

Unknown mengatakan...

Ibu saya juga mengalami begitu , adakah pengobatan yang bisa menormalkan penyakit itu ?

Unknown mengatakan...

Saya juga penderitaan sindrom evans