Pages

TIGA MAKNA TERSELUBUNG ANTARA EKSIS DAN INTERNET

Pada awalnya kehadiran internet di Indonesia hanya dapat dinikmati oleh kalangan tertentu dan hanya untuk keperluan hiburan saja. Kemudian dari waktu ke waktu perkembangan komunikasi dan teknologi di tanah air semakin pesat. Dan masyarakat mulai menyadari bahwa internet ini memiliki peranan yang penting dalam kehidupan di era globalisasi ini. Dengan adanya internet ini mampu mengubah gaya hidup masyarakat Indonesia menjadi lebih modern dan sekarang tidak ada lagi istilah gaptek (gagap teknologi).
Saat ini ada sekitar 9 operator telepon selular di Indonesia. Dan baru-baru ini muncullah sebuah operator selular baru yang menamakan dirinya dengan nama Axis. Operator selular ini menawarkan tarif yang mampu bersaing dengan operator selular lainnya.
Kini kehadiran Axis dengan balutan jargonnya “Internet untuk Rakyat” mampu menjawab keinginan user internet di tanah air, yakni mereka menginginkan akses internet yang murah juga cepat. Terutama bagi mereka, para pengguna internet yang berada di daerah-daerah juga di pelosok negeri ini. Sehingga mereka dapat menikmati perkembangan teknologi informasi dengan aman dan  nyaman. Tanpa perlu khawatir pulsa mereka cepat habis atau bahkan khawatir akan jaringan koneksi internet yang buruk oleh karena sinyal yang kurang mendukung.
Para pengguna internet dapat melalukan apa saja yang mereka inginkan dengan akses internet yang murah dan cepat. Mereka dapat menggunakan internet untuk social networking, searching information, downloads, e-mail dan lain sebagainya. Sesuai dengan namanya “Axis”, maka operator selular ini mengajak pada para penggunanya untuk tidak hanya eksis di dunia nyata melainkan eksis pula di dunia maya. Eits, tapi hati-hati kalau user sudah mulai mabuk kepayang dengan yang namanya internetan, saking murah dan cepatnya internetan jadi lupa diri.
Nah menurut pandangan saya, ada 3 kata yang bermakna dibalik kata “Eksis” tersebut. Tiga kata bermakna itu adalah ekspresif, sinergi dan seimbang. Mengapa harus ekspresif, sinergi dan seimbang? Karena jika kita padukan ketiga kata tersebut, kita akan dapatkan suatu pemaparan yang kohesif bagi kehidupan masa kini yang telah memasuki era globalisasi.
Yang pertama, ekspresif. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), pengertian ekspresif yaitu tepat (mampu) memberikan (mengungkapkan) gambaran, maksud, gagasan, perasaan. User internet bebas untuk memulai menggunakan internet kapanpun, dimanapun, untuk apapun, serta bagaimanapun caranya, semua bebas dilakukan. Sekedar browsing di Google, update status di twitter, facebook atau social networking lainnya, bahkan mencari pekerjaan pun dapat dilakukan menggunakan internet. Seperti itulah user mengenal internet, sehingga gaya hidup baru di Indonesia ini tak kenal usia. Bisa jadi user internet itu bisa menjadi artis bagi kalangannya sendiri. Dan masih banyak lagi kebebasan yang bisa user curahkan dengan internet.
Yang kedua, sinergi. Sinergi dijelaskan sebagai kombinasi unsur atau bagian yang dapat menghasilkan keluaran lebih baik dan lebih besar. Dengan semakin meluasnya jaringan internet di berbagai sektor kehidupan masyarakat telah menyebabkan terbukanya peluang bagi penyalahgunaan internet yang lebih dikenal dengan istilah kejahatan dunia maya atau cybercrime. Agar pemanfaatan internet dapat digunakan secara baik dan benar sehingga dapat terhindar dari kejahatan di internet, maka perlu adanya kerja sama antara penyedia layanan internet, para pengguna internet dan juga pemerintah serta saling sinergi dalam rangka membangun karakter generasi bangsa yang baik dan bermartabat.

Yang terakhir, seimbang. Seimbang dapat diartikan tidak berat sebelah atau sebanding. Di jaman sekarang ini banyak orang yang berlebihan dalam bermain internet. Ada saja dampak negatif yang ditimbulkan, apalagi sekarang dengan perkembangan yang sangat pesat. Agar user dapat ber-internet dengan aman (mengamankan isi dompet :D ) tetapi tetap eksis, maka user harus dapat menerapkan ber-internet dengan aman (sekali lagi saya tekankan mengamankan isi dompet :D ). Apakah yang dimaksud dengan ber-internet dengan aman itu? Berinternet dengan aman adalah berinternet dengan tanpa mengorbankan apapun, dalam artian kita tidak perlu mengorbankan uang makan kita hanya karena kita ingin berinternet ria. Semua yang berlebihan (Lebay) itu berarti tidak seimbang, sobat. Jangan karena berinternet saja uang kita habis, lantas kita tidak makan. Ada baiknya kita pilih paket internet yang murah.
Nah, bagi kamu-kamu yang suka eksis di social media, tidak ada salahnya mencoba paket Axis Eksis yang baru-baru ini diluncurkan Axis khusus bagi yang suka eksis di dunia maya. Cukup dengan pulsa Rp. 9.900 kita sudah bisa menikmati internetan di dunia maya dengan kuota yang unlimited dengan batas waktu internetannya satu minggu. Mana ada paket internet yang murahnya seperti Axis Eksis. Come on, try it and enjoyed!

0 komentar: